Wisata Magelang Gunung Andong, Gunung Keramat dan Penuh Misteri

1553
Koleksi Benda Pusaka Hasil Penarikan Ghaib

Wisata Magelang Gunung Andong, Gunung Keramat dan Penuh Misteri – Gunung Andong menjadi salah satu wisata di Kota Magelang dengan pesona alamnya yang begitu memukau. Gunung yang terletak di kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang Provinsi Jawa Tengah ini begitu diminati terutama para pecinta alam yang hobi mendaki gunung. Gunung ini memang termasuk gunung kecil yang dikelilingi oleh Gunung Gunung besar dan cukup ternama, yaitu di antaranya gunung Merbabu, gunung Merapi, gunung Sumbing, gunung Sindoro, gunung Ungaran, dan gunung Telomoyo.

Selain dikenal dengan Gunung Sejuta Pesona, ternyata Gunung Andong juga menyimpan misteri dan cerita mistis yang menyeramkan. Tidak sembarang orang bisa mendaki gunung ini hingga mencapai puncak. Apabila anda pernah mendaki gunung ini maka di persimpangan puncak anda akan menemukan bangunan kecil  menyerupai rumah. Bangunan ini terletak di sebelah kiri, dimana bangunannya selalu ditutup rapat. Bangunan ini berbentuk ruang dan terbuat dari tembok.

Sekilas kita lihat bangunan ini nampak seperti sebuah bangunan biasa, akan tetapi bila dilihat lebih jauh terdapat cukup ruangan yang bisa dimasuki manusia. Menurut Juru kunci Gunung Andong bangunan ini adalah tempat ritual sekaligus tempat berziarah dari tokoh di wilayah pegunungan ini.

Gunung Andong dan Cerita Mistis di Dalamnya

Jaman dahulu, saat Gunung Andong belum ramai didaki orang seperti sekarang ini ada sebuah kisah mistis yang mengerikan. Kesan angker, seram dan sunyi sangatlah lekat. Bangunan masih sangat sederhana berupa seng, kemudian makam keramat yang ada disana tertutup kelambu putih di atasnya. Sekalipun dikeramatkan, sepertinya makam tersebut kurang terawat. Mungkin karena pada saat itu warga sekitar memang sangat jarang yang datang ke tempat ini. Karena hanya orang yang punya tujuan khusus saja yang berani naik sampai ke puncak.

Ada sebuah ritual rutin yang harus dilakukan, yaitu ritual tasyakuran yang dinamai ritual “Perti Dusun”. Ritual digelar dengan tujuan untuk mengucapkan syukur pada sang Pencipta dengan menyediakan tumpeng jongko, yang merupakan tumpeng terbesar dari ratusan tumpeng lainnya. Tumpeng ini memiliki makna besarnya permintaan dan banyaknya ungkapan terimakasih pada Tuhan. Ritual ini dilakukan oleh warga yang tinggal di desa Girirejo, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang.

Ritual ini pun dilakukan untuk menghormati Kyai Abdul Faqih sebagai tokoh di desa tersebut. Konon, tokoh inilah yang diagungkan, dihormati dan dijadikan sesepuh di Gunung Andong. Seiring berjalannya waktu ternyata kini puncak Gunung Andong sudah dipenuhi tenda-tenda yang didirikan oleh para pendaki.

Meski begitu, para pendaki harus tetap berhati-hati karena jika tidak menjaga sikap maka bisa saja terjadi suatu hal yang tidak diinginkan. Mengingat di area Gunung Andong terdapat tokoh suci yang dikeramatkan. Kadang, banyak para pecinta ilmu supranatural sengaja datang ke Gunung ini untuk mencari sebuah wangsit, mempertajam ilmu kebatinan, mencari benda pusaka bertuah serta melakukan penarikan ghaib.

Itulah keangkeran dan pesona Gunung Andong di Magelang Jawa Tengah. Tempat wisata sekaligus tempat keramat yang biasa digunakan untuk ritual. Semoga bermanfaat untuk anda, BARAKALLAH.

Koleksi Benda Pusaka Hasil Penarikan Ghaib