Sosok dan Fenomena Nyi Roro Kidul Menurut Pandangan Islam

0
20113
Sosok dan Fenomena Nyi Roro Kidul Menurut Pandangan Islam

Legenda Nyi Roro Kidul – Pesona sosok Nyi Roro Kidul sangat melegenda di wilayah Indonesia khususnya masyarakat Jawa dan Bali yang berada di deretan pantai Selatan. Sosok Nyi Roro Kidul digambarkan sebagai seorang Ratu yang menguasai Pantai Selatan dengan kerajaan gaib yang ada di samudera Hindia. Kerajaan ini memiliki aura supranatural yang sangat kuat, karena kerajaan ini dikenal sebagai kerajaan Jin yang besar di wilayah Asia. Sosok Ratu Kidul ini memang erat dengan kekentalan budaya Jawa-Sunda dan juga budaya Bali.

Orang-orang Jawa dan Bali juga sering melakukan ritual pada hari-hari tertentu beserta semua sesembahan yang diperlukan untuk prosesi ritual untuk menghormati Nyi Roro Kidul. Perkembangan informasi dan teknologi yang semakin canggih membuat kepopuleran Nyi Roro Kidul muali dikenal sampai ke mancanegara. Maka dari itu, dalam artikel ini Kang Masrukhan menjelaskan tentang sosok Ratu Fenomenal ini terutama berdasarkan pemikiran atau pandangan Islam beserta seluruh kajian ilmu Islam.

Seorang Parapsikolog sekaligus ahli benda ghaib dan pusaka bertuah, Kang Masrukhan memberikan informasi pada tim redaksi majalah Online, Parapsikologi.co.id. Beliau menjelaskan bahwa menurut perspektif Islam, adanya sosok Nyi Roro Kidul sebenarnya sudah sangat jelas diterangkan dalam Al Qur’an. Beberapa kutipan ayat tentang adanya sosok ini salah satunya adalah surat Al-Hijr ayat 27 yang dalam bahasa Indonesia berarti:
“Dan sesungguhnya Kami telah ciptakan manusia (Adam) dari tanah liat kering yang berasal dari lumpur hitam yang diberi bentuk. Dan Kami telah ciptakan jin sebelum (Adam) dari api yang sangat panas.”

Dari makna surat Al-Hijr ayat 27 di atas dapat diambil kesimpulan bahwa Allah telah menciptakan makhluk lain  disamping manusia yaitu golongan jin. Allah membiarkan mereka (jin) hidup di dunia meskipun berada pada dimensi yang berbeda dengan manusia. Jika ayat ini dihubungkan dnegan keberadaan Nyi Roro Kidul sebagai penguasa Pantai Selatan , maka ayat tersebut menjelaskan pada kita bahwa menurut Islam, Nyi Roro Kidul dianggap sebagai perwujudan dari Raja Jin yang menghuni lautan.

Kemudian dari beberapa ayat yang lain juga dijelaskan bahwa manusia merupakan makhluk yang derajatnya jauh lebih tinggi dan lebih mulia dibandingkan dengan golongan jin. Bahkan Allah meminta pada golongan Jin untuk bersujud pada manusia untuk memberikan rasa hormat atas kemuliaannya.

Pemujaan Kepada Nyi Roro Kidul (Sang Ratu Pantai Selatan)

Nyi Roro Kidul menurut Islam memang hanya dianggap sebagai raja jin penguasa pantai selatan yang derajatnya lebih rendah dibanding manusia. Akan tetapi, meski sudah banyak yang mengetahui perspektif ini, tetap saja ada beberapa umat manusia yang menjelembabkan dirinya melalui pemujaan dan kemusyrikan. Mereka justru memuja mahluk yang derajatnya lebih rendah itu untuk mendapatkan pertolongan dan kemudahan. Ritual pesugihan untuk mendapatkan kekayaan secara singkat tanpa harus bekerja keras dengan hanya meminta jin-jin kafir –termasuk Nyi Roro Kidul, banyak mereka lakukan. Ritual ini tentu adalah sebuah kesalahan besar.

Alloh SWT sudah menjelaskan dalam firmannya Surat Al-Imran, ayat 173 : “Cukuplah Allah menjadi Penolong kami dan Allah adalah sebaik-baik Pelindung.” Surat ini adalah pegangan bagi kita semua para umat muslim untuk selalu berlindung dan memohon pertolongan pada Alloh semata. Jangan karena kesulitan hidup dan kesengsaraan dunia kita menjadi gelap mata dan menggadaikan aqidah kita, menyembah dan memuja selain pada Alloh, termasuk dengan memuja Nyi Roro Kidul untuk memperoleh kekayaan dengan jalan singkat.

Demikian sedikit penjelasan mengenai Nyi Roro Kidul menurut perspektif Islam. Dari penjelasan  tersebut, semoga kita semua bisa selalu tawakal hanya pada Alloh. Nyi Roro Kidul dan sebangsanya sama seperti kita bangsa manusia, mahluk yang tanpa daya tanpa kehendak-NYA. Demikianlah, Semoga bermanfaat. Barakallah.


Lanjutkan Baca Artikel Menarik Lainnya:

22,494 total views, 4 views today