Perbedaan Syetan, Iblis dan Jin

0
2032
Perbedaan Syetan, Iblis dan Jin

Perbedaan Syetan, Iblis dan Jin – Ketiga makhluk Allah bernama Syetan, Iblis dan Jin merupakan makhluk yang paling suka mengganggu manusia. Ketiganya serupa tapi tak sama. Setan merupakan golongan makhluk yang bertugas mengajak manusia pada perbuatan keji dan dilaknat oleh Allah SWT. Syaitan sebenarnya merupakan musuh besar manusia yang nyata, syetan adalah makhluk pemberi angan kosong pada manusia. Sedangkan iblis adalah makhluk durhaka dari golongan jin kafir. Iblis memiliki ciri utama yaitu kekekalan umurnya hingga akhir kiamat nanti, sama seperti jin muslim dan syetan. Untuk kalangan jin, jin ada dua macam yaitu jin muslim dan jin kafir.

Nama-nama jin yang suka mengganggu manusia yaitu Hudais yang suka menyesatkan para ulama pada hawa nafsunya, Hudavis yang suka mengganggu orang sholat, Jalbanur yang mengganggu kejujuran orang supaya dia berbohong. Selanjutnya yaitu Biter yang bertugas memberikan rasa suudzon pada manusia agar berpikir buruk pada Allah SWT. Mansud adalah jin yang bertugas memfitnah dan mengadu domba umat manusia agar saling bermusuhan. Dasim tugasnya menimbulkan semangat perzinahan antar umat nabi Muhammad. Yang terakhir adalah Ahwal, yang membisikkan para pejabat untuk melakukan korupsi.

5 Jenis Jin yang Ada di Dunia

Selain nama-nama Jin yang mengganggu manusia, berikut adalah 5 jenis jin yang ada di dunia ini yang merupakan ciptaan Tuhan :

Al-Jan

Jin yang berpotensi layaknya seorang manusia ada yang berkelamin jantan adapula betina, ada yang muslim da nada juga yang non-muslim. Seperti halnya manusia, jin juga membutuhkan makanan, minuman, tidur, bersetubuh dan sebagainya.

Al-A’mir

Seringkali kita menemui suara yang menyerupai manusia, entah menyamari suara ayah, ibu, adik, kakak atau keluarga dan teman kita yang lain di kamar mandi, di dalam rumah atau di tempat-tempat lainnya. Seperti suara orang berwudhu, orang mandi, padahal di kamar mandi tak ada siapapun. Hal ini bisa jadi perbuatan dari jin AL A’mir sehingga tak jarang manusia menyebutnya sebagai setan tek-tek. Jin jenis ini juga kadang menirukan suara orang membaca, menyanyi dan mengikuti orang yang mengerjakan sholat.

Al-Ifrit

Jin jenis ini berpotensi sebagai khodam atau pembantu manusia. Jin ifrit ada yang muslin dan baik, yang bisa menjadi khodam manusia-manusia yang muslim dan baik pula. Adapula jin ifrit yang berperilaku jahat yang dimanfaatkan oleh tukang sihir dan dukun sesat, seperti jin-jin ifrit yang bekerja untuk seorang pesihir terkemuka luar negeri “David Coverfield” di segitiga Bermuda.

Al-Arwah

Al-Arwah adalah jin yang sering menggoda manusia, dengan menjelma sebagai orang tua kita atau orang yang kita sayang dan kita cintai. Jin ini bisa mengelabui manusia dengan menakut-nakutinya bagi yang percaya pada jin ini. jin Al-Arwah adalah jenis jin yang paling nakal, kuat dan jahil. Maka tak ajrang bahwa jenis jin ini masuk pada golongan premannya para jin yang suka usil pada manusia terlebih pada perempuan-perempuan.

As-Syaiton

Beda hal dengan Al-Arwah, jin jenis As-Syaiton menganggu manusia dari segi keimanan, kejiwaan, kerohanian dan hati manusia. As-Syaiton dianggap sebagai jenis jin paling berbahaya dibanding jin lainnya karena As-Syaiton merasuk dalam hati amnesia dan membisikkan niatan buruk dan kekafiran. Keingkaran dan kejahatan selalu dikibarkan As-Syaiton di dalam hati manusia. Manusia yang perilakunya dzolim maka ia termasuk dalam golongan ini.

1,281 total views, 2 views today