Mitos Kembang Kantil Sebagai Susuk Magis dan Pendeteksi Keperawanan

0
9282

Mitos Kembang Kantil Sebagai Susuk Magis dan Pendeteksi Keperawanan – Bunga Kantil atau yang biasa disebut sebagai kembang kanthil (bagi masyarakat Jawa) adalah bunga yang biasa tumbuh di tanah tropis. Bunga ini dapat dikatakan sebagai bunga seribu mitos, disamping eratnya hubungan antara bunga ini dengan dunia magis juga karena bunga ini sangat disukai sosok Nyi Roro Kidul. Konon, bunga cempaka putih ini dipercaya sebagai bunga susuk. Artinya, susuk pengasihan sebagai peluluh sukma seseorang bisa dibuat dengan kembang kantil ini.

Aroma bungan kantil yang khas ini amat disukai makhluk halus seperti kuntilanak. Bahkan dari mitos yang beredar pohon bunga kantil adalah rumah tinggal bagi kuntilanak. Disamping itu, mitos lain mengatakan bahwa kembang kanthil banyak dimanfaatkan paranormal untuk membuat susuk pengasihan. Mengapa harus bunga kanthil? Berikut penjelasannya.

Mitos Bunga Kanthil Sebagai Susuk Pengasihan Ampuh

Dari namanya saja bunga kanthil, dimana kantil berarti lengket atau melekat. Diharapkan dengan adanya susuk kanthil ini seseorang yang dipengaruhi atau orang yang terkena dampak susuk pengasihan ini akan melekat hatinya, akan erat jiwanya dengan si pemakai susuk tersebut. Selain itu diketahui bahwa kembang kantil amat disukai Nyi Roro Kidul dan itulah sebenarnya rahasia kecantikan Nyi Roro Kidul. Bunga kantil yang melekat ditubuhnya adalah sebagai pembuka aura kecantikan sang Ratu Pantai Selatan.

Kembang Kanthil sampai saat ini masih banyak diminati sebagai susuk, yang dikenal ampuh dan terbukti mampu menaklukkan hati sang idaman. Kerap kali pemakai susuk kanthil adalah kaum perempuan karena kembang kantil lebih dipercaya sebagai pembuka aura kecantikan wanita. Bahkan para pengantin pun selalu diberikan hiasan bunga kantil ini. itulah mengapa bunga ini selalu dijadikan bahan produk kecantikan baik parfum, kosmetik maupun susuk pengasihan sekalipun.

Menurut cerita Jawa, kembang kantil bisa dijadikan alat pendeteksi alami keperawanan pengantin. Konon, bila pengantin wanita tak perawan lagi atau tak gadis lagi maka bunga kantil yang dikenakan tidak beraroma wangi dan bunga kantil akan terbuka, tidak menguncup. Sebaliknya jika sang pengantin wanita masih perawan, bunga kantil tetap menguncup dan menebar semerbak aroma mewangi.

Kembang Kantil Dalam Bidang Kesehatan

Meskipun mengandung unsur mistis atau magis, namun bunga kantil memiliki manfaat lain dalam bidang kesehatan. Kandungan dalam bunga ini dapat dijadikan sebagai bahan pengobatan alternatif. Seperti penyembuhan penyakit bronkhitis, batuk, demam, keputihan, radang, prostat, infeksi saluran kemih, dan sulit kencing. Sayangnya, khasiat yang dimiliki bunga ini belum tereksplorasi secara maksimal. Sehingga meski saat ini mulai ada yang berusaha membudidayakan tanaman ini tetapi pemanfaatannya lebih banyak untuk acara-acara spiritual dan tradisi.

Itulah mitos tentang kembang kantil dan manfaatnya sebagai susuk, pendeteksi keperawanan maupun kesehatan. Semoga bermanfaat. BARAKALLAH.

14,021 total views, 2 views today