Memiliki Makna Tak Terduga, 7 Mitos Hewan Masuk Rumah Paling Populer

0
175

Memiliki Makna Tak Terduga, 7 Mitos Hewan Masuk Rumah Paling Populer –Indonesia memiliki banyak sekali mitos yang bertebaran dan bermacam-macam, mulai dari lekat keseharian hingga kepercayaan mitos tersebut masih awet hingga sekarang, salah satunya adalah mitos hewan masuk rumah.

Leluhur kita selalu mengaitkan suatu hal dengan pertanda tertentu, seperti pertanda baik ataupun pertanda buruk, berikut ini beberapa mitos hewan masuk rumah populer yang masih banyak dipercaya hingga saat ini.


Baca Juga :

Mitos atau Fakta ? Gending Lengsir Wengi Lagu Pengundang Kuntilanak

Mitos Seputar Pesugihan Kandang Bubrah


Burung Hantu Masuk Rumah

Di Indonesia, fenomena ini terbilang sangat jarang. Dan banyak orang percaya bahwa ada sesuatu yang ganjil bila hal ini terjadi. Bila hewan ini masuk rumah, menurut cerita banyak orang dianggap sebagai sebuah pertanda dari Tuhan.

Di satu sisi, sebagian pihak menghubungkannya dengan pertanda akan datangnya kematian. Namun, sebagian orang lainnya menyebut kehadiran burung hantu identik dengan kehadiran utusan Tuhan sendiri.

Kelelawar Masuk Rumah

Dalam kepercayaan tradisional, kelelawar banyak diasumsikan dengan berbagai hal menyeramkan dari mulai binatang jadi-jadian hingga jelmaan setan.

Konon, jika yang masuk ke rumah adalah kelelawar besar, maka bisa jadi pertanda buruk yang akan datang, bisa berupa musibah atau sakit yang akan menimpa penghuni rumah.

Sebaliknya, bila yang masuk ke rumah adalah kelelawar kecil, ini jadi pertanda baik berupa datangnya rezeki melimpah bagi keluarga tersebut.

Kodok Masuk Rumah

Menurut mitos dan cerita masyarakat, kehadiran kodok di rumah menjadi penanda akan adanya tamu dari jauh yang akan mengunjungi rumah tersebut. Bisa dikatakan, kehadiran kodok merupakan sebuah penanda yang baik dan sama. Namun tak ada salahnya untuk selalu waspada akan segala hal.

Kumbang Masuk Rumah

Salah satu hewan yang biasa sering masuk ke rumah, merupakan salah satu jenis serangga yang bisa terbang, yaitu kumbang. Namun tahukah anda, kehadiran kumbang di dalam rumah ternyata menurut mitos yang beredar menandakan dua kemungkinan.

Mitos pertama yaitu bila ada kumbang masuk rumah, itu tandanya akan ada orang yang memfitnah penghuni rumah. Kemudian mitos berikutnya adalah adanya kiriman “bencana” berupa hal-hal gaib seperti teluh atau santet. Oleh karena itu, penghuni rumah harus waspada dan berhati-hati dalam segala tindakannya.

Kupu-Kupu Masuk Rumah

Salah hewan cantik yang masuk daftar ini, ialah kupu-kupu. Mitos dari hewan ini adalah kupu-kupu yang masuk ke rumah memiliki makna rumah tersebut akan kedatangan tamu.

Namun, jika kupu-kupunya masuk pada malam hari, itu menandakan bahwa seseorang iri dan dengki terhadap kebahagiaan rumah tangga penghuni rumah tersebut.

Mitos Hewan Laba-Laba Masuk Rumah

Kehadiran laba-laba menurut kepercayaan banyak orang adalah kehadiran laba-laba di dalam rumah sebagai sebuah pertanda baik. Meskipun acapkali hadir di dalam rumah, namun jarang sekali orang yang mengusir hewan ini agar pergi.

Hal ini tak terlepas dari kepercayaan masyarakat yang menyatakan bahwa laba-laba adalah simbol dari orang atau kerabat dekat.

Mitos Hewan Ular Masuk Rumah

Mitos ini terkenal pada zaman dahulu, dimana pemukiman penduduk masih berdiri di dekat kebun atau persawahan yang merupakan habitat alami ular.

Konon, kehadiran ular ke rumah tak hanya bikin ngeri, tetapi juga membawa pesan tertentu yang harus dipahami penghuninya. Jika Ular tersebut tak berbisa itu artinya ada janji yang belum terpenuhi dan harus segera dipenuhi penghuni rumah.

Sedangkan jika yang masuk ular berbisa, itu menjadi pertanda akan datangnya musibah yang menimpa penghuni rumah tersebut.

Demikian beberapa mitos hewan masuk rumah populer yang masih banyak dipercaya hingga saat ini. Semoga bermnafaat untuk kita semua.

 

 175 total views,  1 views today