Misteri Weton Kelahiran Berdasarkan Pasaran Penentu Watak Manusia

0
4618

Misteri Weton Kelahiran Berdasarkan Pasaran Penentu Watak Manusia – Salah satu adat Jawa yang sangat dijunjung tinggi hingga saat ini adalah perhitungan weton manusia. Saking populernya perhitungan weton, sampai-sampai seseorang harus menyocokkan wetonnya dengan weton pasangannya sebelum melangsungkan pernikahan. Banyak orang gagal menikah hanya karena weton tidak cocok. Inilah yang masing dipertanyakan hingga sekarang. Benarkah demikian? Benarkan weton kelahiran manusia adalah penentu nasib dan garis kehidupannya? Kita simak selengkapnya.

Weton Kelahiran adalah sebuah maha karya besar leluhur masyarakat Jawa. Pasaran adalah bagian dari Ilmu Waktu yang pernah ditemukan dan dipercaya sangat kuat hingga sampai saat ini. Jika kita mengenal adanya hari berjumlah 7, maka leluhur juga menemukan perputaran siklus dari ke- 5 tubuh manusia. Yang kemudian menjadi ke- 5 pasaran. Sebenarnya Ilmu Kejawen tentang weton ini adalah berdasarkan Ilmu Spiritual. Perhitungan weton dilakukan berdasarkan aktivitas peredaran bulan, bukan penanggalan matahari.

“Secara Spiritual, hari lahir dan pasaran akan menggambarkan jiwa dan karakter seseorang tersebut. Hari adalah gambaran fisik kehidupan seseorang sementara pasaran adalah jiwa seseorang. Jadi, hari adalah lahir dan pasaran adalah batin dan ini berlaku untuk semua orang”, ungkap Kang Masrukhan yang kami temui di kantor prakteknya di Kudus, Jawa Tengah.

Weton Kelahiran dan Watak Manusia

Weton kelahiran melambangkan bagaimana nasib manusia, dilihat dari masing-masing hari dan masing-masing pasarannya. Ada 5 pasaran yang ada, yang melambangkan elemen manusia, diantaranya :

  1. Legi = Tubuh Ego, berelemen Udara/Kayu
  2. Pahing = Tubuh Emosi, berelemen Api
  3. Pon = Tubuh Jiwa, berelemen Cahaya/Logam
  4. Wage = Tubuh Mental, berelemen Air
  5. Kliwon = Tubuh Fisik, berelemen Tanah

Ke 5 tubuh manusia ini akan membentuk sebuah siklus yang berulang, dimana tiap-tiap pasaran memiliki kekuatan tertentu. Jika hari ini pasaran wage, maka tubuh mental yang akan menguat. Tentu tiap tubuh memiliki kelebihan dan kekurangan masing – masing. Dari hal itu munculah anggapan bahwa hari dan pasaran tertentu baik untuk tujuan tertentu yang disebut sebagai patokan dalam melakukan sesuatu berdasarkan weton kelahiran. Misalnya orang akan menikah, akan membangun rumah, atau memiliki hajat tertentu.

Untuk Karakter seseorang, weton kelahiran pun ikut andil di dalamnya dimana berdasarkan pasaran karakter seseorang adalah sebagai berikut :

  1. Legi = Orang yang suka belajar, dan optimis
  2. Pahing = orang yang mudah bosan, dan ceria
  3. Pon = orang yang tegas, dan suka memimpin
  4. Wage = Orang yang penuh perhitungan, dan “pemberontak”
  5. Kliwon = orang yang memiliki ke- 4 karakter tersebut.

Bahkan weton kelahiran Nabi dan sahabatnya pun jika dihitung adalah sebagai berikut :

Legi = Ali bin Abi Thalib

Pahing = Utsman bin Affan

Pon = Umar bin Khatab

Wage = Abu Bakar As – Sidiq

Kliwon = Rosululloh Muhammad Saw

Sungguh luar biasa bukan bagaimana weton kelahiran memberikan pengaruh pada manusia? Meski begitu kita pun tidak boleh mempercayai weton seutuhnya karena semua itu hanya bagian dari ilmu perhitungan Jawa, bukan takdir Tuhan. Segalanya adalah kehendak Allah SWT semata jadi tetaplah berpegang teguh pada apa yang digariskan Tuhan, jalani semua dengan penuh keyakinan. Demikian semoga bermanfaat, BARAKALLAH.

 

 7,919 total views,  1 views today