Misteri Kematian Selasa Kliwon, Benarkah Akan Jadi Arwah Gentayangan?

0
11295

Misteri Kematian Selasa KliwonSelasa kliwon merupakan hari sakral dan dikeramatkan bagi masyarakat Jawa. Itulah Indonesia, klenik tahayul dan segudang cerita misteri senantiasa memenuhi kehidupan masyarakatnya. Bahkan hitungan hari dan pasarannya (hitungan Jawa) sangat menentukan apapun yang berhubungan dengan nasib seseorang. Masalah jodoh, mau punya hajat, sampai kematian pun dipengaruhi oleh hari dan pasarannya. Hari Selasa Kliwon yang mana menurut mitos yang beredar bahwa kematian pada hari tersebut membawa misteri tersendiri. Banyak cerita yang membahas tentang orang-orang yang meninggal pada Selasa Kliwon. Seperti apa cerita misteri tersebut?

Orang-orang yang meninggal pada Selasa Kliwon, seperti misalnya mayat yang meninggal di malam Selasa Kliwon maka mayatnya bisa dijadikan jimat, diambil sebagai mahar pesugihan dan lain sebagainya. Cerita dari Desa Tibayan mengungkapkan bahwa desa tersebut sempat digegerkan oleh adanya laporan warga atas pembongkaran kuburan mayat yang baru saja dikuburkan sebulan lalu setelah kematiannya. Dikabarkan bahwa mayat yang hilang ini meninggal pada malam selasa kliwon. Kemudian apa motif dari sang pencuri mayat ini?

Menurut penjaga makam daerah tersebut, ada seorang warga yang datang ke makam untuk mencari rumput dan ternyata ia melihat kuburan sang almarhum yang meninggal pada selasa kliwon itu terdapat bekas galian. Yang lebih mengherankan bahwa lubang tersebut berada tepat di bagian kepala sang mayat. Para ahli spiritual mengatakan bahwa motif dari sang pelaku mungkin ingin mengambil sebagian dari anggota tubuh mayat tersebut untuk dijadikan sarana ritual gaib. Memang ada ritual gaib seperti ritual pesugihan yang menggunakan bagian tubuh mayat yang meninggal pada selasa kliwon. Biasanya para pelaku menggunakannya sebagai jimat.

Lain halnya dengan cerita dari Yogyakarta, tepatnya dari daerah Kaliurang yang menurut warga yang juga melihat kuburan mayat digali oleh seseorang. Meski tidak diketahui siapakah pelakunya karena sang pelaku pasti melakukan aksinya pada malam hari. Namun kepercayaan berkembang disana bahwa bila ada orang yang meninggal di malam selasa kliwon maka para penganut ilmu hitam akan mengambil kain kafan sang mayat sebagai pesugihan. Bak seorang anjing sang penganut ilmu hitam menggali kuburan dengan tangan serta melepas kain kafan menggunakan mulutnya. Begitulah cerita yang beredar.

Yang pasti entah itu digunakan sebagai apapun, entah pesugihan entah jimat kekebalan, pelarisan dan pengasihan yang namanya mencuri adalah perbuatan yang dilaknat oleh Yang Maha Kuasa apalagi yang dicuri adalah bagian tubuh orang meninggal. Sungguh sangat tidak etis.

17,121 total views, 6 views today