Misteri Alas Ketonggo Mulai Dari Tanah Hidup Hingga Suara Tak Berwujud

1768
Koleksi Benda Pusaka Hasil Penarikan Ghaib

Misteri Alas Ketonggo Mulai Dari Tanah Hidup Hingga Suara Tak Berwujud – Alas Ketonggo, sebuah hutan angker yang cukup dikenal di Nusantara ini. sebuah hutan yang terletak di desa Babadan Kecamatan Paron, Kabupaten Ngawi, Provinsi Jawa Timur ini memiliki kisah misteri yang amat menyeramkan. Luasnya berkisar antara 4.846 meter persegu dan terletak 12 kilometer di selatan kota Ngawi. Dari namanya kita bisa mengartikan bahwa Alas adalah hutan dan ketonggo sendiri berasal dari dua kata yaitu Katon atau terlihat dan Onggo yang berarti Makhluk Halus. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa alas Ketonggo dapat berarti Makhluk Halus yang kelihatan di area hutan ini.

Lalu, bagaimana kisah misteri Alas Ketonggo tentang adanya makhluk halus yang terlihat itu? Sehubungan dengan alas Purwo di Banyuwangi, kedua hutan ini (Alas Purwo dan Alas Ketonggo) masih memiliki ikatan yang kuat. Jika Alas Purwo dinamakan sebagai bapak nya hutan, maka Alas Ketonggo disebut sebagai induk atau ibunya hutan. Banyak kejadian aneh dan menyeramkan di daerah alas ini. sehingga warga sekitar pun percaya bahwa alas Ketonggo merupakan pusat keraton para lelembut.

Tercatat sebanyak 54 tempat pertapaan terdapat di daerah alas angker kota Ngawi ini. Tidak heran bila banyak kisah misteri Alas Ketonggo yang santer terdengar. Dari ke semua tempat pertapaan tersebut hanya ada 10 yang sangat terkenal menjadi sarangnya misteri Alas Ketonggo. 10 tempat ritual atau pertapaan tersebut diantaranya : Palenggahan Agung Srigati, Phunden Watu Dakon, Punden Tugu Mas, Umbul Jambe, Phunden Siti Hinggil, Kali Tempur Sedalem, Batok Bolu, Watu Legok, Kori Gapit, dan Pelenggahan Soekarno.

Misteri Alas Ketonggo, Keanehan Palenggahan Agung Srigati

Warga sekitar alas ini mengaku sering melihat kejadian aneh. Seperti misalnya Sering terdengar suara, tetapi tak ada wujudnya dan kilatan cahaya aneh berwarna-warni yang berasal dari atas pohon di alas tersebut. Misteri Alas Ketonggo juga erat hubungannya dengan gundukan tanah misterius yang bisa bergerak dengan sendirinya. Seperti malam selasa kliwon, selasa legi, jumat kliwon atau jumat legi dan di bulan Syuro / Muharram banyak orang datang untuk melakukan ritual di waktu subuh di alas ketonggo ini.

Memasuki alas Ketonggo, para peziarah / pendatang dapat melihat Palenggahan Agung Srigati, berupa sebuah bangunan rumah kecil berukuran sekitar 4 kali 3 meter. Anehnya, di dalam bangunan ini terdapat gundukan tanah, yang dari hari ke hari tanah ini seperti hidup. Ukuran gundukan tanah itu, semakin lama semakin tinggi dan melebar. Misteri Alas Ketonggo dari cerita ini cukup membuat bulu kuduk merinding dengan sendirinya. Sampai saat ini tak ada yang tahu penyebab tanah itu bergerak dengan sendirinya, bertambah besar dan tinggi setiap harinya.  Tak heran bila area palenggahan Srigati ini berbau dupa yang cukup menyengat karena banyak yang melakukan ritual disini.

Misteri Alas Ketonggo Menurut Paranormal

Kang Masrukhan, seorang pakar ilmu supranatural menyatakan bahwa adanya cerita misteri Alas Ketonggo ini adalah erat kaitannya dengan cerita babad tanah jawa. Bahwa banyak sekali makhluk gaib yang dulu menghuni tanah Jawa yang diusir oleh Syekh Subakir dan mereka melarikan diri ke area Timur dan Selatan Jawa. Makhluk halus ini membangun sebuah kerajaan ghaib yang mana ada beberapa pusat, salah satunya di Alas Ketonggo.

“Tak Heran ya banyak sekali pusaka ghaib di area ini namun tak mudah ditarik karena banyak khodam dan penunggunya. Harus tahu cara menarik benda ghaib ini dan harus baik niatnya, positif niatnya. Kalau tidak ya malah bisa jadi senjata makan tuan”, Kata Kang Masrukhan.

Beliau (Kang Masrukhan) pun pernah beberapa kali melakukan meditasi di daerah Alas Ketonggo ini dan beliau pernah mendapatkan sebuah mustika merah delima yang hingga kini masih beliau simpan dan beliau memanfaatkan untuk menolong banyak orang.

Itulah misteri Alas Ketonggo yang bisa kami sampaikan. Semoga bermanfaat untuk anda dan salam sejahtera.

2,478 total views, 2 views today

Koleksi Benda Pusaka Hasil Penarikan Ghaib