Mengenal Jenis Puasa Weton dan Manfaatnya Bagi Kehidupan

0
3489

Mengenal Jenis Puasa Weton dan Manfaatnya Bagi Kehidupan – Puasa weton merupakan salah satu amalan bukan wajib dan juga tidak disunahkan oleh Rasulullah SAW. Akan tetapi mengapa puasa weton masih saja dipercaya masyarakat sebagai puasa yang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia? Usut punya usut ternyata puasa weton adalah puasa yang dianjurkan oleh nenek moyang masyarakat Jawa. Dimana nenek moyang kita jaman dahulu selalu menghormati leluhur dan menghormati alam semesta. Ternyata Alam Semesta ini memiliki hubungan dengan kelahiran manusia, yang mana dihubungkan pula dengan weton kelahiran manusia tersebut.

Weton, hari dan pasaran kelahiran manusia itu dipengaruhi oleh alam semesta berupa energi langit, energi bumi, energi bulan dan energi lautan. Oleh karenanya dianjurkan untuk rutin melakukan puasa weton demi keselamatan dan mendapatkan keberuntungan. Lalu, apa saja jenis puasa weton dan manfaatnya bagi kehidupan manusia? Seberapa pentingkah melakukan puasa weton? Mari kita simak penuturan Kang Masrukhan seorang Pakar Ilmu Spiritual dan Ilmu Hikmah.

Tim Majalah Parapsikologi sempat mengunjungi Kang Masrukhan pekan lalu, kami memperbincangkan mengenai jenis jenis puasa weton dan manfaatnya. Adapun ulasannya adalah sebagai berikut!

Jenis Jenis Puasa Weton atau Wetonan

Ada beberapa jenis puasa weton atau biasa disebut wetonan (orang Jawa). Diantaranya yaitu :

  1. Wetonan Sehari Penuh

Jenis puasa weton yang satu ini dilakukan dalam kurun waktu 24 jam penuh dimana puasa weton jenis ini paling banyak dilakukan / dijalankan. Cara melakukannya cukup mudah, orang yang lahir di Senin Wage misalnya. Dia harus melakukan puasa di hari itu yang dimulai dari hari sebelumnya yaitu Minggu Pon dan berakhir di Senin Wage keesokan harinya. Puasa yang cukup berat namun besar sekali manfaatnya dan biasanya dilakukan oleh orang yang sedang melakukan tirakat keilmuwan Jawa.

  1. Wetonan Tiga Hari

Puasa weton ini dilakukan selama tiga hari, dengan hari kelahirannya terjepit di tengah. Jadi dilakukan sehari sebelumnya, pada hari kelahiran dan ditambah satu hari lagi sebagai penutup. Misalnya orang yang lahir di hari Rabu Wage maka ia harus melakukan puasa di hari Selasa Pon, Rabu Wage dan Kamis Kliwon. Weton orang yang melakukannya harus berada di tengah / terjepit.

  1. Wetonan Tiga Hari Diulang Tujuh Kali

Jenis Puasa weton yang satu ini cukup unik. Puasanya tiga hari, tetapi dilakukan setiap bulan (setiap siklus) selama tujuh bulan berturut-turut. Jenis puasa ini biasanya dilakukan bila ada hajat atau keinginan jangka panjang yang benar-benar ingin diwujudkan. Sebagai penutupnya, diadakan ritual sesaji atau syukuran.

Itulah jenis puasa weton yang bisa anda jalankan demi mendapatkan manfaat yang positif bagi kehidupan anda. Lalu, apa saja manfaat puasa weton yang bisa anda dapatkan?

Manfaat Puasa Weton bagi Kehidupan

Bagi orang Jawa, seseorang biasanya melakukan puasa weton yaitu agar hajatnya cepat terkabul. Selain itu, di jaman dulu orang juga melakukan wetonan dengan tujuan untuk mendekatkan hubungan pribadinya dengan roh leluhur. Tujuannya yaitu agar kuat sukmanya, selalu peka terhadap isyarat Tuhan dan diberi keberkahan hidup secara keseluruhan. Efeknya, seseorang yang dekat dengan Tuhan nya berarti memiliki kekuatan doa yang luar biasa sehingga mudah dikabulkan hajatnya, mudah mendapatkan pertolongan Allah / Tuhan dan selalu dilimpahi keselamatan serta keberuntungan. Amin.

Demikian jenis puasa weton beserta manfaatnya dalam kehidupan. Semoga bermanfaat, BARAKALLAH.

5,986 total views, 8 views today