Mari Belajar Doa Ziarah Kubur Dan Tata Caranya dari Sang Pakar Spiritual

0
13299

Mari Belajar Doa Ziarah Kubur Dan Tata Caranya dari Sang Pakar Spiritual – Tradisi ziarah biasa dilakukan oleh masyarakat muslim, terlebih menjelang bulan Ramadhan. Banyak orang bilang ziarah kubur itu muyrik, syirik dan tidak dianjurkan dalam agama. Padahal jika dilihat dari manfaatnya, ziarah kubur begitu positif jika dilakukan. Berdoa dimakam orang suci akan lebih mudah dikabulkan oleh Allah SWT karena di area makam tersebut mengandung energi aura yang positif. Ziarah memiliki makna menengok, sehingga ziarah kubur dapat diartikan sebagai menengok kubur. Baik kubur / makam orang tua, makan Sunan, malam wali dan makam orang suci lainnya.

Adapun dalam berziarah perlu dibacakan doa ziarah kubur. Nah, bagi anda yang belum tahu bagaimana bunyi doa berziarah, tata cara membacanya hingga bagiaman melafalkannya, mari kita belajar pada sang Pakar Spiritual, Kang Masrukhan. Beliau akan membimbing anda dalam melakukan ziarah kubur sehingga berkah yang anda harapkan akan bisa anda rasakan setelah berdoa di makam orang suci / makam para wali (terlebih Wali Songo).

Hukum Membaca Doa Ziarah Kubur

“Kalau kita berziarah, sebenarnya itu berdoa kepada Tuhan namun menggunakan tempat yang lebih suci, lebih spiritual. Jadi bukan syirik atau musyrik. Misalnya anda sholat, sama-sama sholat. Di rumah atau di masjid lebih bagus dimana? Ya di Masjid. Lha wong meski sama-sama masjid saja keutamaannya beda kok. Masjid di Kudus sama masjid di Mekah kan lebih afdhol masjid di Mekah, ya kan? Makanya saya heran kalau ada yang mengatakan ziarah kubur itu haram”, jelas Kang Masrukhan.

Adapun dalam berdoa saat ziarah kubur tidak boleh sembarangan. Karena kita berdoa harus sesuai dengan tujuan dan cara penyampaian yang tepat. Bagaimana doa ziarah kubur? Mari belajar dengan Kang Masrukhan.

Doa Ziarah Kubur dan Cara Melafalkannya

Sebelum berziarah hendaklah berwudhu, kemudian bacalah doa berikut ini :

“Assalamualaikum ahladdiyaari minal mu’miniina wa inna Insyaa-Allaahu bikum laahiquun nas-alillahalanaa walakumul ‘aafiyata”

Atau cukup dengan salam :

“Assalamu’alaikum daara qaumin mu’minin fa-innaa Insyaa-Allaahu bikum laahiquun”

Artinya : Kesejahteraan semoga bagimu wahai ahli kubur dari orang-orang Mu’min, InsyaAllah kami akan bertemu dengan kamu.

Sesampainya di depan makam yang anda tuju (contohnya kemakam orang sepuh/ makam wali) selanjutnya menghadaplah kearah muka mayat (menghadap ke arah timur) sambil mengucap salam khusus ke mayat tersebut, yaitu :

Assalamu’alaikum ya ………….. (sebutkan nama yang diziarahi)

Bacaan Doa Ziarah Kubur

Bacalah ayat-ayat/surat-surat dari Al-Qur’an, seperti membaca Surat Al-Fatihah, Surat Al-Qadar, Surat Al-Ikhlash, Surat Al-Falaq, Surat An-Nas, Ayat Kursi , surat Yasin, dll atau membaca Membaca :

Tasbih

Subhaanalaah (33x) “Maha Suci Allah”

Tahmid

Alhamdulillaah (33x) “Maha terpuji Allah”

Takbir

Allaahu akbar(33x) “Allah Maha Besar”

Tahlil

Laa syariikalah, lahuila ilaaha illallaahu wahdaahu mulku walahul hamdu wahuwa ‘alaa kulli syain qadiir

Artinya : Tidak ada Tuhan selain Allah, sendiri-NYA, tiada sekutu bagi-NYA. Milik-Nya lah kerajaan dan pujian. Dia Maha Kuasa atas segala-galanya.

Lalu membaca doa berikut tiga kali :

Allahumma inni as-aluka bihaqqi Muhammadin wa Ali Muha’mmad an la tu’adzdziba hadzal mayyit

Artinya : Ya ALLAH aku memohon pada-Mu dengan hak Muhammad dan keluarga Muhammad janganlah azab penghuni kubur ini.

Doa Ziarah Kubur yang dimaksud di atas bukanlah minta pada kuburan, namun mohon terhadap Allah SWT agar yangg di Ziarahi dan penghuni seluruh kuburan tersebut selamat. Serta berdo’a mohon pada Allah SWT supaya ia sendiri nanti dimasukkan ke Surga-NYA.

20,928 total views, 18 views today