Kanjeng Ratu Kidul Bukanlah Nyi Roro Kidul, Siapa Lagi Sosok Ghaib Ini?

0
5039

Kanjeng Ratu Kidul Bukanlah Nyi Roro Kidul, Siapa Lagi Sosok Ghaib Ini? – Nyi Roro Kidul sejauh ini dikenal sebagai Ratu Pantai Selatan, sang penguasa makhluk halus di seluruh Laut Selatan Jawa. Sosok yang lekat dengan wajah ayu nan jelita, dengan balutan dan selendang berwarna hijau serta mahkota di kepala ini sangat melegenda di kalangan masyarakat Indonesia. Khususnya bagi masyarakat Jawa yang sangat meyakini keberadaan Nyi Roro Kidul. Meski sangat dikenal di masyarakat namun tak banyak yang tahu bahwa ada perbedaan mendasar dari Kanjeng Ratu Kidul dan Nyi Roro Kidul. Padahal selama ini banyak orang menyebutkan bahwa nama lain dari Nyi Roro Kidul adalah Kanjeng Ratu Kidul.

Padahal ada dua sosok besar dibalik Istana Ghaib Pantai Selatan, yaitu Kanjeng Ratu Kidul dan Nyi Roro Kidul. Lalu apa perbedaannya? Siapa masing-masing dari mereka? Menurut penuturan Pak Nur, seorang juru kunci Cepuri Parangkusumo. Saat tim Majalah Parapsikologi mendatangi Pantai Parangkusumo di Kabupaten Bantul Yogyakarta, tim kami menemui Pak Nur dan menanyakan tentang hal-hal mistik yang ada di Pantai Selatan. Pak Nur, merupakan juru kunci yang menggantikan ayah mertuanya yang sudah puluhan tahun menjadi abdi dalem di Keraton Yogyakarta.

Menurut Pak Nur, banyak sekali masyarakat yang salah persepsi dengan meminta sesuatu saat ziarah ke Cepuri Parangkusumo. ereka banyak yang meminta sesuatu kepada NYI RORO KIDUL atau bahkan kepada lelembut siapapun yang bisa membantu mengabulkan hajatnya. Menurut cerita banyak yang berhasil namun juga tidak sedikit yang gagal. Banyak yang meminta pesugihan yang menggunakan tumbal sebagai gantinya. Anak, cucu, saudara dan keluarga banyak dikorbankan demi nafsu semata.

Perbedaan Kanjeng Ratu Kidul dan Nyi Roro Kidul

Mengenai perbedaan diantara keduanya ini menjadi hal yang cukup menarik untuk dibahas. Menurut beliau (Pak Nur) Nyi Roro Kidul berbeda dengan sosok Kanjeng Ratu Kidul. Nyi Roro Kidul pada dasarnya adalah makhluk halus penghuni Pantai Selatan yang sudah bersemayam sejak ribuan tahun lalu. Sedangkan Kanjeng Ratu Kidul menurut sejarahnya adalah berasal dari manusia biasa, yaitu seorang putri dari Kerajaan Pajajaran, yang tak lain adalah putri dari Prabu Siliwangi yang gemar melakukan olah batin (meditasi dan bertapa brata). Singkat cerita sang putri bertapa brata di Pantai Ngliyep Malang hingga akhirnya dengan keinginannya sendiri (beliau ingin hidup abadi) berubah menjadi makhluk halus yang mengusai Kerajaan makhluk halus di laut selatan Jawa.

Ketika Panembahan Senopati bermeditasi dan melakukan tapa brata di Cepuri Parang Kusumo, sang Senopati ditemui oleh Kanjeng Ratu Kidul, bukanlah Nyi Roro Kidul. Kanjeng Ratu lah yang memiliki hubungan dengan para Raja Kerajaan Mataram hingga para sultan di Kasultanan Yogyakarta. Bukanlah Nyi Roro Kidul. Seringkali inilah yang salah persepsi dari masyarakat.

Hal lain yang salah di masyarakat adalah orang kebanyakan meminta sesuatu kepada Nyi Roro Kidul. Padahal ini salah. Orang yang berziarah sebaiknya disarankan untuk tetap berdoa kepada Allah SWT bukan meminta pada Nyi Roro Kidul atau Kanjeng Ratu Kidul semata. Jangan lupa untuk bertawasul dengan mengirim doa kepada arwah Panembahan Senopati dan arwah para leluhur kerajaan Mataram. Cepuri Parangkusumo, dipercaya memiliki energi positif yang kuat yang sangat cocok untuk melakukan meditasi atau bertafakur dan berdoa kepada Allah SWT.

Itulah perbedaan mendasar antara Nyi Roro Kidul dan Kanjeng Ratu Kidul. Semoga bermanfaat dan salam sejahtera. BARAKALLAH.

8,917 total views, 6 views today