Hitungan Hari Baik Pernikahan Berdasarkan Weton dalam Perhitungan Jawa

0
103963

Hitungan Hari Baik Pernikahan Berdasarkan Weton dalam Perhitungan Jawa – Kita semua meyakini bahwa semua hari itu pasti baik, apalagi untuk melangsungkan pernikahan. Pernikahan adalah sebuah niat baik yang didasarkan atas sunah Rasulullah untuk mencapai rahman dan rahim nya Allah. Namun tetap saja dalam adat Jawa pasti ada hari yang dianggap paling baik untuk melangsungkan pernikahan. Weton kelahiran mempelai berdua adalah dasar perhitungan hari baik dimana pada hari itulah diyakini masyarakat Jawa sebagai hari keberuntungan dan keselamatan. Nah, bagaimana hitungan hari baik pernikahan berdasarkan weton dalam adat Jawa? Tim Majalah Parapsikologi akan membahas selengkapnya hanya untuk anda.

Bersama Pakar Ilmu Spiritual Kejawen, Kang Masrukhan tim Majalah Parapsikologi mendapatkan banyak informasi mengenai petungan Jawa. Kang Masrukhan menjelaskan bahwa ada hitungan neptu bagi masing-masing weton kelahiran pria atau pun wanita. Neptu didasarkan pada tabel berikut :

TABEL 1

Neptu Hitungan Hari Baik Pernikahan Berdasarkan Weton

Pria = Jumat Pahing jumlahnya 15

Wanita = Rabu Wage jumlahnya 11

Kedua pasangan dijumlahkan neptunya menjadi 26 kemudian dibagi 5. Sisanya adalah 1 (total penjumlahan di bagi 5 dan nilai tidak boleh nol (0). Sisa 1 ini kemudian disesuaikan dengan tabel di bawah ini :

TABEL 2

Menentukan Hitungan Hari Baik Pernikahan Berdasarkan Weton bisa dilihat dari tabel bulan baik di bawah ini.

TABEL 3

Hitungan Hari Baik Pernikahan Berdasarkan Weton Untuk Akad Nikah

TABEL 4

Contoh Kasus Hitungan Hari Baik Pernikahan Berdasarkan Weton

Misalnya Ahmad Zubaidi lahir di hari Jumat Pahing kemudian pasangannya Zaskia Ulfa lahir dengan pasaran Rabu Wage maka mereka melakukan hitungan hari baik pernikahan berdasarkan weton mereka dengan langkah berikut ini :

Jumat Pahing : 15

Rabu Wage : 11

Jumlah : 26

Hari baik pernikahan bagi keduanya adalah yang mana jika jumlah weton keduanya ditambah neptu hari penrikahan di bagi dengan 5 akan menghasilkan hitungan yang baik berdasarkan tabel 2.

Misalnya akad nikah dilangsungkan di hari SABTU KLIWON yang jumlah neptunya maka :

Jumlah neptu kedua pasangan adalah 26 + 17 = 43

Dibagi 5 sisanya adalah 3. Pada Tabel 2, 3 berarti PAPAN (Joyo) adalah hari yang sangat baik dan sangat disarankan. Maka SABTU KLIWON adalah hari paling baik bagi Ahmad Zubaidi dan Zaskia Ulfah untuk melangsungkan pernikahan.

Menentukan Jam Akad Nikah yang Baik

Setelah mendapatkan hari baik untuk menikah, kini menentukan jam yang baik untuk akad nikah dimana hitungannya yaitu :

Misalnya Sabtu Kliwon yang dipilih adalah di bulan MULUD (Bulan untuk menikah kedua mempelai) maka jam paling baik dipilih untuk akad nikah adalah pada pukul 10.48 atau 13.21 (rezeki atau selamat) bisa dilihat pada TABEL 4. Hitungan Hari Baik Pernikahan Berdasarkan Weton ini harus dengan catatan “Apabila angka penjumlahan tersebut habis di bagi 5 atau hasilnya sama dengan nol (0),  disarankan mencari/mengganti hari akad pernikahan yang cocok.”

Itulah Hitungan Hari Baik Pernikahan Berdasarkan Weton dalam adat Jawa. Perhitungan ini hanyalah rumus yang diyakini nenek moyang masyarakat Jawa yang menyatakan bahwa dengan mencari hari baik maka pernikahan tersebut akan berlangsung baik, langgeng, banyak rezeki dan sakinah mawadah warohmah. Sebagai manusia kita hanya berusaha dan Tuhan lah yang menentukan. Semoga bermanfaat untuk kita semua, BARAKALLAH.

 

 181,824 total views,  6 views today