Asal Usul Putri Duyung berdasarkan kacamata ilmuwan dan pandangan Islam

7972
Asal-Usul Putri Duyung berdasarkan kacamata ilmuwan dan pandangan Islam
Koleksi Benda Pusaka Hasil Penarikan Ghaib

Asal Usul Putri Duyung menjadi sebuah mitologi tersendiri di kalangan masyarakat. Banyak sekali film, drama, sinetron dan segala pertunjukan yang menceritakan makhluk laut dengan fisik menyerupai manusia ini. Sebuah mitologi yang secara ilmiah masih menjadi rahasia, manusia setengah ikan ini dianggap ada dan diakui oleh para ilmuwan. Banyak Negara di dunia ini yang memiliki ceritanya masing-masing mengenai makhluk setengah ikan yang berfisik manusia ini. Di Indonesia, makhluk ini disebut Putri Duyung. Sampai-sampai dalam dunia kartun, sosok putri duyung sangat digemari oleh anak-anak dan remaja putri khususnya. Penasaran kan dengan cerita lebih jauh tentang asal usul Putri Duyung?

Bagaimana kacamata ilmuwan dan juga pandangan Islam mengenai makhluk bernama Putri Duyung ini? Lalu, mitologi masyarakat Indonesia mengenai Putri Duyung seperti apa ya? Mari baca terus penjelasan kami di bawah ini!

Asal-Usul Putri Duyung sebagai putri yang Terkutuk

Asal-usul Putri Duyung menurut sejarah pertama kali ditemukan dalam sebuah naskah kuno, dan peninggalan-peninggalan dari kebudayaan Assyria yang diperkirakan ada sejak tahun 1000 SM. Seorang arkeolog menemukan adanya kebudayaan Assyria yang kala itu percaya dengan adanya putri duyung sebagai seorang putri Raja yang dikutuk oleh alam. Kutukan ini diperolehnya karena putri duyung membunuh suaminya sendiri, lalu ia menceburkan dirinya ke dalam laut dan berubah wujud menjadi seekor ikan yang bertubuh manusia. Hanya bagian kaki saja yang berubah menjadi ikan, bagian badannya masih tetap dalam wujud manusia.

Asal-usul Putri Duyung sebagai Pengawal Dewa dan Dewi Laut

Mitologi Assyria berbeda dengan mitologi bangsa Yunani dan Romawi yang menganggap putri duyung adalah pengawal Dewa dan Dewi yang ada di laut. Putri Duyung sengaja diciptakan untuk mengawal Dewa dan Dewi dalam laut seperti Posein, Neptune dan Triton. Pengawal kerajaan dan menemani para Dewa dan Dewi dalam perjalanan mengelilingi laut menjadi tujuan diciptakannya putri duyung.

Dalam mitologi Yunani, putri duyung tidak mengenal jenis kelamin karena menurut mereka putri duyung itu bisa laki-laki dan juga bisa perempuan. Mereka juga meyakini bahwa putri duyung memiliki kekuatan yang sangat dahsyat.

Asal-Usul Putri Duyung sebagai seorang Nelayan yang dikutuk

Mitologi Jepang menjelaskan bahwa putri duyung sebenarnya adalah seorang nelayan laut yang dikutuk. Mereka mengaitkan cerita mitologi putri duyung dengan kisah seorang nelayan yang dikutuk oleh karena dirinya yang melanggar perjanjian. Alkisah menceritakan, nelayan berjanji pada gurunya untuk tidak memakan makanan yang sumbernya dari hewan, namun nelayan itu mengingakrinya. Justru membunuh banyak hewan-hewan dan diambil dagingnya lalu ia makan. Pengingkaran ini membuat gurunya geram dan akhirnya ia dikutuk menjadi seekor ikan yang menghilang ditelan laut. Jadilah ia manusia setengah ikan di laut.

Fakta tentang Putri Duyung menurut Kajian Ilmiah

Meskipun cerita asal usul dan bukti-bukti fosil banyak ditemukan diberbagai belahan dunia, hingga kini putri duyung masih tetap menjadi misteri. Mengenai benar atau tidaknya keberadaan manusia setengah ikan ini di laut dunia, hingga sekarang masih belum dapat dibuktikan, bahkan setelah para ahli biologi yang tergabung dalam WAB (World Association Biological) melakukan penelitian panjang.

Hasil penelitian yang menghabiskan dana hingga 3,2 juta US itu hanya membuahkan penemuan-penemuan hewan laut langka yang memang secara fisik memiliki kemiripan dengan ciri fisik putri duyung dalam mitologi dunia. Ya, sedikitnya ada 3 hewan tersebut. Dugong, Manatee, dan Sea cow, itulah namanya.

  1. Dugong adalah mamalia laut yang ditemukan di perairan dangkal pantai India hingga Australia. Warnanya coklat kelabu, tubuhnya panjang sekitar 2,7 meter, dan hidup hingga usia 70 tahun.
  2. Mantee adalah ikan sepanjang 2 meter dengan bentuk tubuh bagian atas mirip seperti wanita. Memiliki rambut panang dan hidup di perairan karibia hingga Amerika Selatan persis sama dengan Jenglot dalam bentuk raksasa.
  3. Sea Cow (Sapi Laut) adalah mamalia laut bertubuh besar dengan panjang 7,6 meter. Bentuknya seperti sapi hanya saja kaki belakangnya tidak ada. Bagian tubuh belakangnya sama seperti ikan pada umumnya, memiliki sirip dan bersisik.

Nah, itulah beberapa hal yang saya dapat ceritakan seputar Asal Usul Putri Duyung. Terimakasih sudah menyempatkan waktu anda membaca artikel ini, semoga bermanfaat.

Selengkapnya Anda bisa mendapatkan Manfaatnya di situs kami:
IlmuPengasihan.com & AjianPengasihan.com

8,574 total views, 12 views today

Koleksi Benda Pusaka Hasil Penarikan Ghaib