Asal Usul Nyi Roro Kidul Sejatinya Ratu Balqis, Nawang Wulan Atau Raja Jin?

0
11565

Asal Usul Nyi Roro Kidul Sejatinya Ratu Balqis, Nawang Wulan Atau Raja Jin? – Begitu banyak versi menceritakan tentang siapa sejatinya Nyi Roro Kidul itu. Sang Penguasa Pantai Selatan ini menjadi sangat fenomenal di tanah Jawa, hingga seantero nusantara bahkan sampai ke seluruh dunia. Begitu minim saksi hidup atau bukti sejarah yang membuktikan keberadaan, asal usul dan siapa sejatinya Nyi Roro Kidul. Berita yang simpang siur inilah yang membuat asal usul Nyi Roro Kidul menjadi banyak versi. Ada yang mengatakan bahwa Nyi Roro Kidul itu sebenarnya adalah anak Ratu Balqis. Ada pula yang mengatakan Ratu Kidul sebagai Dewi Nawang Wulan, bahkan ada yang menceritakan Nyi Roro Kidul sebagai titisan Raja Jin. Mana yang benar? Mari simak kisah asal usul Nyi Roro Kidul berikut ini!

Asal Usul Nyi Roro Kidul sebagai Ratu Balqis

Ada pendapat yang menyatakan bahwa Nyi Roro Kidul adalah anak dari Ratu Balqis, seorang Ratu cantik yang mampu ditaklukkan oleh Raja Sulaiman / Nabi Sulaiman. Diriwayatkan bahwa setelah ratu bilqis menikah dengan seorang jin pria, ia kemudian dikaruniai oleh seorang putri. Putri ini tidak memiliki raga karena turunan jin, bukan manusia. Sama halnya dengan bapaknya yang berwujud jin, sehingga Ratu Balqis membuang anaknya yang diberinya nama “Aurora” itu. Dia dibuang ke sebuah pulau yang amat jauh dari kerajaannya, dimana pulau ini diberi nama Al-Jawi yang sekarang disebut Pulau Jawa.

Putri Aurora besar bersama para jin yang ada di tanah Jawa tersebut. Darah biru yang mengalir di tubuh putri ini kemudian membuatnya menjadi seorang pemimpin bagi kerajaan jin di pulau tersebut dan hingga kini sosok Putri Aurora disebut sebagai Nyi Roro Kidul. Cerita yang beredar juga menyatakan bahwa kedatangan orang-orang China ke Indonesia untuk berdagang membuat Putri Aurora dan Para jin terusik hingga memutuskan untuk pindah ke pinggiran pulau ini dan menetap ke Pantai Selatan hingga kini.

Asal Usul Nyi Roro Kidul sebagai Dewi Nawang Wulan

Asal usul Nyi Roro Kidul lainnya menyebutkan bahwa dirinya sejatinya merupakan Dewi Nawang Wulan, istri Jaka Tarub. Seorang Dewi kahyangan yang selendangnya dicuri oleh Jaka Tarub sehingga tak bisa lagi kembali ke kahyangan dan diperistri oleh Jaka Tarub itu sendiri. Ia dikutuk oleh kerajaan langit karena sudah berani-beraninya menikah dengan manusia (Jaka Tarub) dimana hal ini sangat haram hukumnya. Ia dikutuk menjadi sebangsa jin dan diperintahkan untuk menjaga pulau jawa agar tidak tenggelam karena keganasan Samudera Hindia.

Dalam cerita mitologi Jawa, Nyi Roro Kidul sebagai titisan Dewi Nawang Wulan sebenarnya tak punya bukti kuat. Sehingga cerita ini hanya sebagai dongeng saja yang menjadikannya sebagai bahan karya seni di masyarakat Jawa meski tak terlalu diyakini kebenarannya. Orang Jawa lebih percaya bahwa Nyi Roro Kidul sebenarnya adalah Putri Aurora, putri dari Ratu Balqis.

Asal usul Nyi Roro Kidul sebagai Raja Jin

Dalam agama Islam, asal usul Nyi Roro Kidul disebut sebagai titisan dari Raja Jin. Berdasarkan keterangan Al-Qur’an dan Al-Hadist, fenomena nyi roro kidul adalah hal yang lumrah terjadi di dunia jin. Nyi Roro Kidul sendiri dianggap sebagai penjelmaan dari pimpinan kerajaan jin di pesisir laut Selatan Jawa, dan diyakini ada dalam sebuah hadist. Dengan adanya keyakinan ini maka makhluk seperti Kanjeng Ratu Kidul ini tidak perlu kita pusingkan, cukup diketahui saja karena sebenarnya hanya Tuhanlah kekuatan yang paling utama.

Itulah tiga pendapat tentang asal usul Nyi Roro Kidul. Semoga menambah wawasan bagi kita semua, bermanfaat bagi sesama. Silahkan share / bagikan kepada teman anda melalui sosial media agar banyak teman anda yang juga mengetahui informasi tersebut. Salam sejahtera.

 

22,182 total views, 9 views today