Asal Usul Kemunculan Dajjal

0
4416
Asal Usul Kemunculan Dajjal
Asal Usul Kemunculan Dajjal

Asal-Usul kemunculan dajjal – Umat Islam pasti sudah tidak lagi asing dengan yang namanya Dajjal. Ada sebuah hadist yang menjelaskan bahwa di akhir jaman nanti akan ada sosok makhluk tinggi besar yang amat menyeramkan dengan kekuatan begitu dahsyat. Sosok itu dikenal sebagai ‘Dajjal’. Menurut cerita, Dajjal khusus diperintahkan untuk menguji manusia di hari akhir nanti apakah dia termasuk orang yang beriman atau tidak.

Asal usul kemunculan Dajjal berawal dari adanya keyakinan bahwa Dajjal merupakan seorang manusia pada awalnya. Manusia yang telah hidup sejak jaman Nabi Ibrahim yang ditangguhkan ajalnya oleh Allah untuk tetap hidup sampai hari kiamat nanti seperti halnya iblis. Namun bedanya, dajjal dipenjarakan dalam suatu tempat tersembunyi yang tak ada manusia satupun tahu. Di berbagai hadist dan kisah-kisah Islam dijelaskan bahwa asal usul dajjal merupakan seorang keturunan Yahudi. Terlahir dari orang tua yang memiliki postur tubuh tinggi, besar dan gemuk dengan hidung sangat mancung. Bahkan Imam Al Barzanji juga pernah menyebutkan bila asal usul moyang dajjal merupakan seorang dukun Yahudi yang menikah dengan keturunan Jin. Nenek Moyang Dajjal ini pernah dipenjarakan karena telah merusak akidah umat. Dari sinilah Asal Usul Kemunculan Dajjal kemudian berkembang.

Semenjak jaman Nabi Ibrahim, Dajjal dirantai dan dipenjara dijauhkan dari hiruk pikuk kehidupan umat manusia. Dajjal tak akan pernah bisa lepas dari penjara tersebut karena selain dirantai, Dajjal juga dijaga oleh seekor binatang besar bernama Al-Jassasah. Dajjal hanya akan terlepas jika Allah menghendakinya, yaitu sebuah masa yang sangat dekat dengan kehadiran hati kiamat. Asal Usul Kemunculan Dajjal ini kemudian diyakini hingga saat ini, melekat pada pikiran manusia.

Dari sebuah hadist shahih yang telah diriwayatkan oleh Muslim menyebutkan bahwa Rasululloh SAW pernah bersabda jika Dajjal memiliki ciri mata kirinya buta, rambutnya keriting dan lebat, tampak awet muda, badannya tegak, tinggi besar dan kulitnya kemerahan. Menurut Thabrani, ciri dajjal yang paling terlihat adalah dari mata dan dahinya. Mata kirinya yang buta, mata kanannya tertonjol keluar dan dahinya terdapat tulisan huruf “Kaf-Fa-Ro” yang jika disambungkan akan membentuk kata “Kafir”. Tulisan pada dahi dajjal ini hanya mmapu dilihat oleh orang yang benar-benar murni ke-Islam-annya.

Dalam menyebarkan fitnah dan ajarannya, dajjal dibekali dengan kekuatan yang luar biasa besar oleh Alloh. Segala kesenangan hidup akan dikaruniakan kepadanya. Seluruh mahluk langit dan bumi akan tunduk pada perintahnya. Adapun dalam sebuah riwayat disebutkan bahwa sebelum kemunculan dajjal, manusia akan diuji dengan kemarau panjang selama 3 tahun berturut-turut. Kemarau ini membuat bahan pangan menjadi sangat langka sehingga musibah kelaparan merajalela di mana-mana.

Di saat manusia tengah kelaparan dan membutuhkan pertolongan inilah, asal usul dajjal datang dengan membawa fitnahnya. Dajjal akan menunjukan kesaktiannya. Ia akan mendatangkan hujan dengan mudahnya. Ia akan menumbuhkan berbagai tanaman sebagai sumber makanan bagi para hambanya yang mengakui bahwa dirinya adalah tuhan semesta alam. Para muslim yang kuat iman islamnya akan tetap kukuh mempertahankan akidahnya meski lapar dan perih mereka dera. Mereka tetap tak akan mau mengakui dajjal sebagai Tuhannya hingga khusnul khotimah menjemput. Fitnah asal usul dajjal akan terus berlanjut pada masa 40 hari setelah kemunculannya pertama kali. Ia akan terus menguji keimanan manusia di akhir zaman hingga pemisah antara umat Islam sejati dan umat yang kafir benar-benar terlihat jelas.

Itulah asal-usul Dajjal yang dapat kami jelaskan. Semoga dengan artikel ini akan bertambah keimanan dan keyakinan kita kepada Tuhan Yang Maha Esa. AMIN.


Paling Banyak di Cari Dalam Minggu ini:

4,953 total views, 6 views today