Mitos atau Fakta? Arti Kelelawar Masuk Rumah Yang Perlu Anda Tahu

0
106

Mitos atau Fakta? Arti Kelelawar Masuk Rumah Yang Perlu Anda Tahu – Kelelawar merupakan salah satu hewan nokturnal, yaitu hewan yang aktif di malam hari. Bagi manusia, hewan ini merupakan hewan yang misterius, itu karena hewan ini jarang menunjukkan keberadaannya, dikarenakan habitat mereka berada di gua dan di atas pohon rimbun.

Karena alasan ini, banyak masyarakat mengaitkan hewan ini dengan berbagai mitos, salah satunya primbon dan kepercayaan masyarkat lainnya, apa saja mitos tersebut?

Berikut ini arti kelelawar masuk rumah yang perlu anda tahu.


Baca Juga :

Memiliki Makna Tak Terduga, 7 Mitos Hewan Masuk Rumah Paling Populer

Mitos Seputar Pesugihan Kandang Bubrah


Arti Kelelawar Masuk Rumah untuk Membawa Kabar Buruk

Bila anda melihat satu ekor kelelawar berterbangan di dalam rumah, itu tandanya anda akan mendapatkan nasib sial. Mitos ini berasal dari kepercayaan rakyat Sunda yang menggambarkan kelelawar sebagai jelmaan makhluk gaib.

Menurut cerita masyarakat Jawa Barat, semakin banyak kelelawar yang masuk ke dalam rumah, semakin besar nasib buruk yang akan menimpa pemilik rumah.

Arti Kelelawar Masuk Rumah Menurut Fengshui

Dalam ajaran fengshui, kelelawar yang masuk ke dalam rumah dianggap sebagai pertanda buruk. Mayoritas rakyat Tionghoa percaya bahwa binatang nokturnal ini merupakan hewan pembawa bencana. Bencana yang dilami penghuni rumah pastinya beragam, mulai darimasalah hidup, rezeki yang tak kunjung datang, jodoh yang jauh, bencana alam, sampai ajal yang menjemput secara tiba-tiba.

Setelah selesai dikunjungi kelelawar, penghuni akan merasa tidak nyaman tinggal di dalam rumah tersebut dan dihantui rasa bersalah.

Kelelawar Masuk Rumah karena Terpancing Aura Negatif

Menurut primbon Jawa, kelelawar merupakan salah satu binatang yang mudah terpancing dengan aura negatif. Itulah sebabnya, apabila anda mendapatkan seekor kelelawar masuk ke dalam rumah, tandanya hunianmu diselimuti oleh aura negatif. Arti kelelawar masuk rumah yang satu ini juga dipercayai oleh umat Hindu.

Kelelawar Masuk Ke Rumah untuk Menghisap Darah

Mitos satu ini datang dari dataran Eropa. Masyarakat Eropa percaya bahwa kelelawar adalah jelmaan dari makhluk gaib berjenis vampir atau Drakula, legenda yang terkenal di Rumania.

Agar tidak dipergoki warga, Drakula konon berubah menjadi seekor kelelawar dan terbang mengitari desa untuk mencari mangsa. Dahulu, orang-orang Eropa yang menemukan kelelawar di dalam rumah akan mengusirnya menggunakan bawang putih, itu karena bahan makanan tersebut bertindak seperti racun bagi kaum penghisap darah.

Kelelawar Sebagai Pembawa Pertanda Baik

Menurut kitab primbon, kitab yang dipercaya oleh mayoritas masyarakat jawa, kelelawar yang mampir ke dalam rumah juga dapat diartikan sebagai pembawa rezeki. Apabila kelelawar terbang mengitari ruangan searah jarum jam, maka penghuni rumah akan mendapatkan rezeki dalam jangka waktu dekat. Sebaliknya, pemilik rumah harus bersabar karena rezeki akan datang dalam waktu yang cukup lama.

Itulah tadi arti kelelawar masuk rumah yang perlu anda ketahui, semoga bermanfaat bagi kita semua.

 106 total views,  2 views today