3 Kategori Hikmah Ramadhan, Nomor Tiga Sangat Mengejutkan

0
1159

3 Kategori Hikmah Ramadhan, Nomor Tiga Sangat Mengejutkan – Bulan Ramadhan adalah bulan suci bagi seluruh umat Islam, dimana pada bulan ini semua amal yang dikerjakan akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda, tak seperti bulan biasanya. Bulan Ramadhan membawa banyak berkah, hikmah dan manfaat bagi umat Islam yang taat pada Allah, menjalankan ibadah puasa sebagaimana anjuran Nabi Muhammad SAW. Menurut Kang Masrukhan, seorang Pakar Ilmu Spiritual mengatakan ada beberapa Hikmah Ramadhan yang bisa didapatkan bagi siapa saja yang mengerjakan amal salih.

“Ada beberapa point penting sebagai hikmah Ramadhan yang pasti didapatkan para muslim dan muslimah yang mau mengerjakan perintah Allah di bulan suci ini. Jadi saya menghimbau umat Islam seluruh tanah air agar mengerjakan ibadah, minimal yang wajib di bulan suci ini. Karena jika anda kerjakan amalan-amalan di bulan Ramadhan maka anda dapatkan hikmah luar biasa yang mungkin anda semua belum tahu”, Ujar Kang Masrukhan.

Tiga Kategori Hikmah Ramadhan yang Luar Biasa

Kang Masrukhan mengatakan bahwa ada tiga kategori dalam hikmah ramadhan, dimana kategori hikmah tersebut dijelaskan beliau dalam wawancara bersama kami, Tim Majalah Parapsikologi.

“Ada tiga kategori hikmah Ramadhan, diantaranya yaitu Hikmah Jasmaniah, Hikmah Ijtimaiyyah dan Hikmah Ruhaniyah. Nah bisa dijelaskan ini satu per satu. Hikmah Jasmaniah adalah hikmah bagi badan kita secara fisik, misalnya puasa di bulan Ramadhan selama kurang lebih 30 hari itu menyehatkan badan, terhindar dari penyakit Insya Allah. Ibarat mobil, perut kita juga butuh rehat sejenak setelah 11 bulan penuh bermetabolisme 8 jam sehari. Dengan berpuasa juga bisa membuat suara jernih dan nyaring khususnya bagi para penyanyi”, jelas Kang Masrukhan.

Beliau menyatakan bahwa puasa ramadhan bukan menyebabkan seseorang terserang maag, namun justru bisa mengobati maag. Barang siapa yang tidak melakukan puasa karena merasa tidak kuat dan takut maag nya kambuh adalah sangat tidak tepat. Karena kita harus ingat bahwa puasa ramadhan bersifat wajib bagi umat Islam.

“Kemudian yang kedua, hikmah Ramadhan bersifat Ijtimaiyyah. Artinya, ada jalinan silaturrahmi yang baik antara sesama manusia. Misalnya pas jamaah tarawih, jamaah solat subuh dan solat wajib lainnya kan saling sapa, saling berbagi. Nah itu hikmah ramadhan yang luar biasa bagi umat muslim sebenarnya. Namun tak banyak yang menyadari hikmah ini”, tambah Kang Masrukhan.

Jalinan komunikasi, adanya interaksi sangat penting dalam bermasyarakat. Terlebih jika ada yang memiliki rasa dendam, sakit hati dan saling singgung. Dengan adanya bulan Ramadhan maka diharapkan bisa saling memaafkan, menghilangkan kedengkian.

“Hikmah Ramadhan yang terakhir ini yang paling penting, yaitu hikmah Ruhaniyah. Bahwa di bulan suci ini segala amalan kita dilipatgandakan, kita akan memperoleh semacam suntikan energi spiritual dari Yang Maha Kuasa. Energi Spiritual inilah yang bisa membuat diri kita tenang, pikiran semakin terbuka, hati menjadi sejuk dan yang pasti akan dapat hidayah yang luar biasa dari Allah Ta’ala”, ujar Kang Masrukhan.

Selain ketiga hikmah ramadhan tersebut, Kang Masrukhan menyatakan bahwa Ramadhan mampu meningkatkan kepedulian, solidaritas, persatuan dan kesatuan bangsa mengingat saat ini NKRI tengah diserang isu radikalisme, isu SARA, serta ormas-ormas yang ingin memecah belah bangsa.

2,080 total views, 2 views today