10 Manfaat Rajin Minum Air Putih Bagi Tubuh Manusia

0
2283
15 Manfaat Rajin Minum Air Putih Bagi Tubuh Manusia

Bila kita membahas mengenai manfaat air putih, 10 Manfaat Rajin Minum Air Putih Bagi Tubuh Manusia yang akan saya bahas disini, maka tak aka nada habisnya untuk kita kaji karena sangat panjang sekali penjabarannya. Di samping menyehatkan badan, bahkan air putih dipercaya bisa menyembuhkan berbagai penyakit.

Perlu anda ketahui bahwa tubuh kita (manusia) terdiri dari 70% cairan sehingga kebutuhan akan cairan sangatlah tinggi. Kebutuhan akan air ini harus terpenuhi dan tak dapat digantikan oleh apapun. Cairan yang ada dalam tubuh berasal dari air yang kita minum sehari-hari oleh sebab itu amat penting bagi kita untuk selalu mengkonsumsi air putih sebanyak mungkin. Air putih memegang peranan vital dalam sistem organ manusia.

10 Manfaat Rajin Minum Air Tubuh

10 Manfaat Rajin Minum Air Putih Bagi Tubuh Manusia ini secara langsung bisa dirasakan adalah menghilangkan rasa haus, baik di siang atau malam hari. Manfaat yang lainnya yang secara tidak langsung namun berdampak positif pada tubuh kita dapat diuraikan lebih jauh.

  1. Penghilang Dehidrasi dan Rasa Haus – Manfaat yang satu ini mungkin sudah terlalu umum karena merupakan manfaat utama dari air putih. Bisakah anda membayangkan bagaimana rasanya sehari tanpa mengkonsumsi air putih? Tentu saja akan terjadi dehidrasi atau kekurangan cairan dan membuat tubuh terasa lemas tak berdaya. Bahkan para ilmuwan mengatakan lebih baik tidak makan seharian daripada tidak minum seharian.
  2. Keseimbangan Cairan dalam tubuh – Kami tekankan lagi bahwa tubuh manusia terdiri dari 70% cairan. Minum banyak air putih dapat mempertahankan keseimbangan cairan di dalam tubuh, untuk proses transportasi nutrisi dalam tubuh, mengatur suhu tubuh, dan mencerna makanan untuk diambil sarinya.
  3. Membantu Mengeluarkan Racun – Air yang kita minum bila sudah melewati suatu sistem dalam tubuh, akan dibuang kembali dalam bentuk air seni dan juga keringat. Bila kita tidak mengkonsumsi air putih, darimana tubuh bisa membuang keringat dan air seni yang di dalamnya juga mengandung racun tubuh? Kedua proses ini (berkeringat dan kencan) membantu dalam pembuangan racun. Sehingga air putih bisa membantu mengeluarkan cairan keringat untuk mencegah resiko batu ginjal dan infeksi saluran kencing/kemih.
  4. Menjaga Fungsi Ginjal – Pernah mendengar penyakit batu ginjal, gagal ginjal? penyebab utamanya adalah kekurangan cairan atau yang sering kita dengar dengan istilah kurang minum. Perlu kita ketahui, ginjal memproses 200 liter darah setiap hari, menyaring keluar limbah dan mengangkut urin ke kandung kemih. Namun, ginjal butuh cairan yang cukup untuk membersihkan apa yang tidak dibutuhkan dalam tubuh, air putih adalah kunci/senjata utamanya.
  5. Mengontrol Kalori dan Menurunkan Berat Badan – Penelitian menemukan bahwa terdapat hubungan antara konsumsi air putih dengan penurunan berat badan. Apa penyebabnya? coba laih minum air sebelum makan, air akan membantu orang merasa kenyang, dan sebagai hasilnya mengkonsumsi kalori lebih sedikit yang berdampak pada penurunan berat badan.
  6. Menjaga kehalusan kulit dan membuat kulit nampak lebih cerah – Minum air putih yang cukup diketahui dapat melembabkan kulit, membuatnya terasa segar, lembut dan bercahaya serta halus. Konsumsi air ini dapat meningkatkan proses pengeluaran racun melalui keringat secara lancar yang akhirnya dapat membuat kulit halus dan cerah.
  7. Meningkatkan Produktivitas – Minum segelas air putih di pagi hari dapat meningkatkan fokus dan mengembalikan tenaga dalam agar anda dapat berkerja secara optimal.
  8. Meningkatkan fungsi otak – Minum air putih minimal 2 litter satu hari dapat meningkatkan fungsi otak, air akan membantu meningkatkan konsentrasi dan kelancaran sistem saraf di otak.
  9. Mencegah penuaan dini – Sudah menjadi rahasia umum bahwa manfaat minum air putih adalah untuk mencegah penuaan dini. Minum air putih yang banyak dapat mengeluarkan racun dalam tubuh yang dapat mengencangkan kulit mengecilkan pori pori dan akan berdampak pada penuaan dini. Tidak heran bahwa rahasia awet muda para selebritis Indonesia ataupun dunia adalah minum air putih secara teratur dan cukup.
  10. Meningkatkan Sistem peredaran darah – Air dapat membantu meningkatkan dan mempelancar sistem peredaran darah manusia. Konsumsi air akan membantu dalam proses transportasi dalam tubuh manusia.

Sekian, sedikit ulasan dari Tim Redaksi kami. Semoga bermanfaat bagi pembaca majalah online Parapsikologi sekalian. Satu Hal yang ingin saya sampaikan kepada Anda “Jagalah terus kesehatan Anda dan Perbanyaklah Minum Air putih”.

 3,599 total views,  2 views today